Bayangan Logika Boolean itu seperti sebuah "mesin pembuat keputusan" yang sangat sederhana, tapi luar biasa penting. Mesin ini hanya bisa mengerti dua jawaban: "Benar" atau "Salah".
Ini mirip seperti saklar lampu di rumahmu. Saklar itu punya dua kondisi: ON (lampu menyala) atau OFF (lampu mati).
Dalam Logika Boolean:
* Benar = 1 = ON
* Salah = 0 = OFF
Jadi, semua yang kita lakukan dalam logika ini hanya berputar-putar di angka 1 dan 0.
Tiga Aturan Main Logika Boolean
Untuk mengoperasikan mesin ini, kita punya tiga aturan utama yang disebut operator logis.
1. Aturan "DAN" (AND)
Aturan ini seperti pintu gerbang yang punya dua kunci. Pintu baru akan terbuka kalau kedua kuncinya dimasukkan dan diputar. Jika hanya satu kunci atau tidak ada kunci sama sekali, pintu tidak akan terbuka.
* Benar DAN Benar = Benar (Kedua kunci ada, pintu terbuka)
* Benar DAN Salah = Salah (Hanya satu kunci, pintu tidak terbuka)
* Salah DAN Benar = Salah (Hanya satu kunci, pintu tidak terbuka)
* Salah DAN Salah = Salah (Tidak ada kunci, pintu tidak terbuka)
Contoh di kehidupan nyata:
Kamu boleh main game kalau kamu sudah selesai PR DAN sudah mandi. Jika hanya salah satu syarat yang terpenuhi, kamu tidak boleh main game.
2. Aturan "ATAU" (OR)
Aturan ini seperti masuk ke sebuah ruangan yang punya dua pintu. Kamu bisa masuk ke ruangan itu kalau kamu membuka pintu satu ATAU pintu dua. Cukup satu pintu yang terbuka, kamu sudah bisa masuk.
* Benar ATAU Benar = Benar (Kedua pintu terbuka, kamu bisa masuk)
* Benar ATAU Salah = Benar (Satu pintu terbuka, kamu bisa masuk)
* Salah ATAU Benar = Benar (Satu pintu terbuka, kamu bisa masuk)
* Salah ATAU Salah = Salah (Tidak ada pintu yang terbuka, kamu tidak bisa masuk)
Contoh di kehidupan nyata:
Kamu boleh libur ke taman kalau cuacanya cerah ATAU tidak hujan. Kalau salah satunya terjadi, kamu bisa pergi. Kamu baru tidak bisa pergi kalau cuacanya tidak cerah DAN hujan.
3. Aturan "TIDAK" (NOT)
Aturan ini paling gampang. Sesuai namanya, aturan ini hanya membalikkan keadaan. Kalau kondisinya Benar, dia akan mengubahnya jadi Salah. Kalau kondisinya Salah, dia akan mengubahnya jadi Benar.
* TIDAK Benar = Salah
* TIDAK Salah = Benar
Contoh di kehidupan nyata:
Kalau kamu sedang TIDAK lapar, berarti kamu kenyang. Kalau kamu TIDAK senang, berarti kamu sedih.
Kenapa Ini Penting?
Semua perangkat elektronik yang kita pakai, dari handphone, komputer, sampai kalkulator, bekerja dengan Logika Boolean. Semua program dan aplikasi yang kamu pakai dibangun dari jutaan kombinasi aturan DAN, ATAU, dan TIDAK ini.
Ketika kamu mengetik kode if, else, atau while di pelajaran komputer, kamu sedang menggunakan Logika Boolean untuk memberi tahu komputer cara berpikir dan mengambil keputusan. Ini adalah bahasa dasar yang digunakan komputer untuk membuat segalanya berjalan!
